Materi Kejuruan Perakitan Komputer

Perakitan Komputer


Pengertian Komputer

 

   Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampur eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
   Secara kuas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adakah meliputi : Layar Monitor, CPU, Ketboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
   Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “Komputer” adalah yang memproses informasi atau sistem pengolah informasi.
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

 Bagian - Bagian Komputer

Motherboard


  1. Socket Processor : Untuk menginstall atau menyisipkan processor
  2. Northbridge : Titik fokus dari motherboard terhubung dengan socket processor, slot RAM dan slot AGP
  3. Southbridge : Terhubung dengan antarmuka IDE konektor, SATA konektor, Floppy Drive, slot PCI dan BIOS
  4. Slot RAM : Kompinen untuk menyisipkan RAM
  5. Slot AGP : Slot untuk kartu grafis yang ditunjukkan untuk game 3D
  6. Slot PCI : Menginstall LAN Card, Sound Card, TV Tuner Card
  7. Konektor Floppy : Menghubungkan motherboard dengan floppy drive
  8. PATA : Mendukung perangkat IDE : Harddisk, CD, DVD Drive
  9. Konektor SATA : Menghubungkan perangkat serial ATA, seperti Harddisk, CD dan DVD Drive
  10. Baterai CMOS : Menyalakan Southbridge dan BIOS untuk menyimpan pengaturan data dan waktu
  11. Port - Port : Menghubungkan perangkat Input dan Output yang terpasang pada Motherboard : Mouse, Keyboard, Scanner, Printer, Monitor, Speaker, dll

Maaf bang, belum selesai iniih ... Masih Proses !!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »